Minggu, 12 September 2010

Laz Totabuan Meninjau dan Bantu Masjid Bombanon


Laz Totabuan Meninjau dan Bantu Masjid Bombanon

Masjid tampak depan: Terlihat tak ada masalah namun persoalan akan terlihat ketika kita menelusuri lebih jauh
Sejak diberitakan di blog Suara Totabuan (www.suaratotabuan.blogspot.com) dan mendapat tanggapan beragam dari pembaca entah yang diposting di komentar blog maupun di facebook, Lembaga Amil Zakat (LAZ) Totabuan memang sudah bertekad untuk mengumpulkan dan menyalurkan zakat, infaq, sadaqah dari masyarakat untuk membantu. Dan sebagian dari zakat yang dihimpun tahun ini disalurkan ke masjid para mualaf ini.
Ketua Yayasan Totabuan Kotamobagu, Hidayat Mokoagow SH di depan lubang masjid yang terkikis air
Bantuan yang disalurkan ke masjid ini sebesar Rp 1.500.000,- memang masih sangat kurang jika melihat kondisi bangunan yang ditakutkan akan terbawa air jika tidak segera dilakukan pembuatan tembok pembatas yang kuat dengan sungai. Dan anggarannya memang cukup besar. Belum lagi melihat pisik bangunan yang memang perlu perbaikan, juga perlu penambahan fasilitas untuk jama’ah—terutama al-Quran yang memang sangat kurang.
Penyaluran zakat untuk perbaikan masjid
“Melihat kondisinya, bantuan ini memang belum cukup. Mohon doa Pak Imam agar ke depannya semakin banyak kaum muslimin yang dilimpahi harta dari Allah untuk mengulurkan tangan,” kata ketua Yayasan Totabuan yang menaungi LAZ Totabuan Kotamobagu, Hidayat Mokoagow SH, kepada Imam Masjid Djafar Patejenuh.
Djafar Patejenuh yang sejak tahun 1991 telah bermukim di masjid Bombanon juga berharap demikian.
“Kita tak mungkin berharap dari masyarakat yang saat ini sudah bertambah 13 kepala keluarga, Pak. Selain jumlahnya sedikit, mereka juga masih memikirkan kehidupan mereka,” kata Djafar.
Tim Yayasan Totabuan dan Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (IMM) Bolmong berfoto bersama Imam Masjid dan isteri di depan masjid para mualaf Bombanon
Sekretaris Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (IMM) Bolaang Mongondow, Mendhy Erza Paputungan, yang mengikuti penyaluran Zakat yang dihimpun LAZ Totabuan berharap apa yang dilakukan LAZ Totabuan bisa diikuti oleh organisasi keislaman lainnya atau bisa membantu LAZ Totabuan.
“Bolaang Mongondow mayoritas penduduknya beragama Islam dan banyak juga yang tertarik untuk mempelajari sampai menjadi muslim seperti yang terlihat di Bombanon ini. Namun kita akui juga factor penunjang sangat kurang. Lihat saja masjid para mualaf di Bombanon yang terbengkalai ini. Karena itu, kami berharap agar langkah LAZ Totabuan bisa ditiru oleh organisasi ke-Islam-an lain. Atau mari kita bantu LAZ Totabuan dengan menyalurkan zakat—terutama zakat mal yang belum tergarap, infaq dan sadaqah melalui LAZ Totabuan. Kami sudah mengikuti penyaluran zakat ini dari awal dan kami melihat sangat transparan dan tepat sasaran,” ungkapnya. (Anuar Syukur)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar